Selasa, 17 Maret 2020

BigBadWolf 2020

Saya selalu berusaha untuk hadir dalam di setiap penyelenggaraan event BigBadWolf terutama jika dilaksanakan di tempat yang mudah saya jangkau. Alasannya simple, karena BigBadWolf adalah event penjualan buku dan permainan edukatif yang dibanjiri dengan banyak sekali buku –buku berkualitas yang dijual dengan potongan harga yang menggiurkan. Buku-buku ini ada yang berasal dari pengarang luar-negeri dan banyak pula yang merupakan karya anak bangsa. 
Salah Satu Gate Masuk BBW 2020
Untuk tahun ini, event Bigbadwolf untuk kawasan Jabodetabek dilaksanakan di Indonesia Convention Centre (ICE) BSD mulai tanggal 6 sampai dengan 16 Maret 2020. Event ini berlangsung non-stop 24 jam. Hal ini tentunya sangat memanjakan para pemburu asupan otak yang rindu dengan bacaan berkualitas dengan harga murah. Dengan limitless open hour, customer tidak perlu takut kehabisan waktu untuk memilih buku-buku yang diinginkan.
Salah Satu Buku di Event BBW2020
Jenis buku-buku yang available dalam event ini terdiri dari berbagai macam diantaranya: fiction yang berisi buku seputar novel baik dari dalam dan luar negeri, history yang diantaranya berisi tentang sejarah dan cerita tentang perang di masa lalu, biography dari para tokoh-tokoh dari dalam dan luar negeri, religion yang mengerucut pada dua agama dengan pemeluk terbanyak di Indonesia, buku anak dengan berbagai macam variasinya, dan reference yang tentunya sangat berguna bagi pelajar berbagai tingkatan.
Untuk menunjang kenyamanan customer dalam berbelanja buku yang diminati, penyelenggara menyediakan berbagai fasilitas berupa:
  • Food court


Ada banyak tenant makanan yang tersedia di event ini, dari jenis masakan nusantara hingga fast food, dari makanan halal hingga non halal. Karena saya datang mruput (pagi banget) saya tidak sempat melihat kondisi tenant makanan ini saat mencapai peak pengunjung.
Papan Penunjuk Arah Food Court
  • Arena bermain anak

Penyelengara event ini menyediakan arena bermain anak yang atraktif dan membikin anak-anak betah. Di saat saya berada di event ini, kondisi arena bermain anak ini masih lengang. Ngga tau kalo agak siangan, mungkin penuh dan rusuh.
Arena Bermain Anak
  • Troli

Event Big Bad Wolf ini bisa menjadi one stop book hunting moment. Dengan kondisi ini, pemburu buku disarankan untuk menggunakan troli selama memburu buku incaran. Jumlahnya trolly ini cukup banyak. Kalo berencana tidak membeli banyak buku, mending pake troli plastik karena mobilitasnya bikin nyaman. Kalo pake troli besi, memang ukurannya bisa menampung banyak buku, tapi kalo jumlah pengunjung lagi banyak, bisa dipastikan pergerakan akan menjadi lebih susah. 
Trolley
  • Crew yang responsif 

Untuk penyelenggaraan event semasif ini, jumlah petugas penyelenggara yang dibutuhkan tentu sangat besar. Selain itu perlu koordinasi yang matang dan mantap dari semua lini. Saya melihat bahwa semangat para crew dengan masing-masing job-desc-nya dilakukan dengan baik dan penuh semangat. Mungkin karena masih hari kedua. Kalau di hari terakhir saya yakin akan beda.. Lebih kucel mungkin. Mungkin lho ya.. hehehe.
  • Kasir berjubel

Panitia rupanya semakin berpengalaman dalam setiap pelaksanaan event BBW ini. Salah satu yang menjadi titik krusial dari event ini adalah metode dan mekanisme pembayaran. Untuk metode pembayaran tunai dipisahkan dari metode pembayaran dengan non-tunai. Mekanisme pembayaran, mulai dari alur antrian sampai dengan proses transaksi juga di-manage dengan baik. Selain itu petugas kasir sigap dan cekatan dalam melayani pembayaran dari customer.
the Chasier
  • Security

Salah satu faktor kesuksesan sebuah event sebesar BBW ini adalah terjaminnya keamanan dan ketertiban penyelenggaraan acara. Di event BBW ini jumlah petugas yang khusus menghandle tanggung jawab keamanan saya rasa cukup memadai. Dari sisi penyelenggara, mereka bisa merasa aman dari kerugian yang mungkin timbul dari tindakan maling. Dari sisi customer, petugas keamanan yang visible dapat meningkatkan perasaan aman dari copet yang pada akhirnya dapat berimbas pada ketenangan customer dalam berbelanja. Semakin nyaman customer berbelanja, semakin banyak produk yang terjual. Semakin banyak produk terjual, semakin banyak keuntungan didapat. 
Petugas Security sedang Beraksi

Beberapa Catatan dan Saran bagi Customer BBW:

How to get there
Lokasi penyelenggaraan acara ini memang cukup jauh dari pusat kota Jakarta. Namun ada moda transportasi yang nyaman dan murah yang tersedia yakni KRL. Pengunjung dari pusat kota Jakarta dapat menggunakan KRL dengan jurusan Stasiun Cisauk untuk kemudian menggunakan Shuttle Bus gratis ke lokasi event. Penyelenggara event tampaknya sudah mempersiapkan acara ini dengan baik, karena dengan fasilitas shutlle ini, pengunjung tidak perlu takut kehujanan atau repot mencari kendaraan umum untuk menuju ke lokasi event di ICE BSD.
Shuttle Bus ICE BSD - AEON Mall - Stasiun Cisauk

Sarana rekreasi keluarga              
Saya melihat banyak sekali pasangan keluarga yang datang ke event ini. Selain untuk mengenalkan anak pada budaya literasi, event ini juga menjadi sarana rekreasi agar anak tidak tergantung pada gadget yang lebih interaktif dan menarik. Dengan jenis buku yang tepat dan penyampaian yang menarik, anak-anak akan mudah diarahkan untuk menyukai buku dan mengembangkan imajinasinya.

Sarana Rekreasi Edukatif

Sample Buku
Salah satu hal yang saya salut dari penyelenggaraan event BBW adalah banyaknya sample buku asing yang disiapkan. Sample ini merupakan buku yang tidak disampul yang bisa dibaca terlebih dahulu oleh customer untuk mengetahui isi buku sebelum memutuskan untuk membelinya. Saya pernah hampir membeli buku tebal dengan harga sekitar 200 ribu yakni buku skenario drama yang dikarang oleh William Shakespeare. Awalnya saya mngira bahwa buku ini merupakan kumpulan cerita-cerita legendaris karya pengarang terkenal Inggris ini. Untungnya ada sample yang bisa saya terlihat dahulu. Ternyata isinya merupakan skenario drama berupa percakapan antar tokoh dalam  drama, yang jauh dari bayangan saya yakni berupa novel. Coba kalo modelnya kayak gramedia, yang tertutup rapat dengan plastik. Jika saya hanya melihat dari sampulnya, mungkin saya akan menyesal luar biasa dan bukunya tidak akan saya baca kecuali untuk latihan speaking. hehehe.

Hindari Peak Time
Dengan berangkat pagi, saya bisa leluasa menjelajahi setiap sudut event ini untuk mencari buku yang sekiranya menarik dan bisa menambah koleksi bacaan saya. Di pagi hari juga jumlah pengunjung tidak terlalu banyak sehingga tidak perlu mengantri saat melakukan transaksi pembayaran. Pada saat pertama kali saya mengunjungi event ini 2 tahun yang lalu, saya pernah menghabiskan waktu 50 menit lebih hanya untuk mengantri giliran untuk membayar. Waktu yang cukup lama yang terbuang yang bisa dihindari dengan berangkat lebih pagi. Ingat penyelenggaran acara ini berlangsung selama 24 jam. Dengan berangkat pagi, kita tidak perlu repot melaksanakan sholat ditempat ini. Walaupun tersedia dan cukup luas, namun lokasinya cukup jauh dan bikin capek, karena berbeda hall. Selain itu saya pernah antri sangat panjang untuk melaksanakan wudhu.

Pakaian yang Mampu Menahan Dingin
Event BBW ini dilaksanakan di hall yang sangat besar dengan kondisi suhu yang diatur dalam tingkat yang dingin. Jika tidak tahan dingin, sebaiknya menggunakan jaket, karena terpapar suhu yang dingin dalam waktu yang lama bisa menyebabkan masuk angin.

Pastikan Buku yang Dicari
Salah satu tips yang sangat berguna saat hunting buku di BBW adalah pastikan buku apa yang anda cari. Anda tentunya tidak ingin beredar di rak-rak buku yang tidak mungkin anda beli. Penyelenggara sudah menyediakan petunjuk lokasi buku berdasarkan tema-nya. Customer bisa langsung fokus untuk mencari buku yang dicari. Sebagai contoh, saya tidak berminat pada buku-buku novel fiksi. maka saya tidak perlu buang-buang waktu mengitari rak novel yang berada di salah satu ujung sisi hall dimana event ini dilaksanakan. Kemudian pastikan buku yang akan anda beli adalah buku yang memang menjadi prioritas. Hal ini terkait dengan kemampuan finansial dan kemampuan tenaga. Jika kemampuan finansial anda tidak terbatas, anda mungkin bisa membeli sebanyak mungkin buku yang menarik minat. Namun untuk person dengan budget terbatas, sebaiknya membeli buku yang menjadi top prioritas. Kemudian jangan juga kalap belanja sampai tidak memperhatikan kemampuan anda dalam membawa buku tersebut. Ingat, semakin berat buku yang anda beli, maka semakin besar tenaga yang dibutuhkan untuk mengangkatnya.
Indonesia Conventional Exhibition Bumi Serpong Damai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Palembang, Kota Yang Mengesankan

Musim penerimaan CPNS tahun anggaran 2021 membawa banyak berkah bagi saya. Dalam rangka proses rekrutmen tersebut, saya berkesem...