Rabu, 24 Januari 2018

Konektivitas Nottingham dengan Kota-Kota Lain di UK

Nottingham merupakan sebuah kota yang terletak di kawasan East Midlands UK. Kota ini cukup strategis karena berlokasi di tengah-tengah UK. Dari kota ini, kota-kota besar lain seperti London dan Manchester dapat ditempuh dengan jarak dan waktu yang relatif sama. Untuk konektivitas dengan kota-kota lain di UK ada beberapa pilihan sarana transportasi yang bisa digunakan di antaranya, coach, mobil rental, kereta, maupun pesawat terbang.
Nottingham Train Station

Untuk rental mobil, ada salah satu penyedia jasa yang rekomended yakni Europcar. Di Nottingham, basecamp jasa rental ini terletak di Broadmarsh Parking Centre di dekat Nottingham Station. Keunggulan jasa rental ini adalah lokasinya yang strategis dan mudah dijangkau serta harganya yang relatif murah. Kualitas mobil rental juga sangat prima. Kondisinya masih bagus dengan tangki bahan bakar yang sudah terisi full. Yang menggembirakan, Surat Ijin Mengemudi yang dikeluarkan oleh Kepolisian Indonesia juga berlaku di Indonesia. Hal ini memudahkan bagi rekan-rekan pelajar Indonesia yang akan menyewa mobil. Tidak peduli itu SIM A atau SIM C, asal masih berlaku, maka SIM tersebut dapat digunakan sebagai salah satu syarat untuk dapat menyewa mobil. Mungkin beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat menyewa mobil di UK adalah adanya biaya asuransi yang harus dibayar oleh penyewa. Asuransi ini diperlukan untuk melindungi penyewa dan rental mobil jika terjadi sesuatu terhadap kendaraan yang disewa. Selain itu, apabila penyewa mobil melanggar peraturan lalu lintas, maka tagihan akan langsung mengarah ke penyewa. Hal ini sudah tertuang dalam perjanjian rental mobil. Sebagai tambahan, polisi lalu lintas UK sudah melengkapi bukti-bukti sebelum menjatuhkan denda atas pelanggaran lalu lintas yang dilakukan penyewa mobil rental.
Proses Administrasi untuk Menyewa Mobil
Salah satu Mobil yang Direntalkan (Excluded the Model)


Alternatif kedua adalah menggunakan Bus atau Coach. Bus berukuran panjang ini melayani berbagai macam tujuan seantero UK. Provider coach di UK diantaranya, National Express, Megabus dan Snap. National Express merupakan penyedia layanan terbesar dan terlengkap di UK. Provider ini melayani segala jurusan baik yang langsung maupun yang melalui transit. Tarif coach ini relatif lebih mahal, namun demikian pelanggannya sangat banyak karena layanannya yang lengkap. Coach kedua adalah Megabus. Layanan coach ini tidak sebanyak National Express. Hanya kota-kota utama yang dilalui oleh coach ini. Jikapun ingin menggunakan coah ini untuk menuju ke kota-kota yang lebih kecil, maka waktu yang dibutuhkan akan semakin panjang, karena harus transit dulu ke kota utama sebelum melanjutkan ke kota tujuan. Coach ketiga adalah Snap. Provider ini adalah yang paling tidak jelas diantara provider lain. Provider ini tidak mempunyai armada bus sendiri. Bus yang dipakai merupakan bus rental. Coach ini juga tidak mempunyai jadwal pasti yang rutin untuk memberangkatkan penumpang. Satu-satunya alasan yang menjadi faktor penumpang menggunakan provider ini adalah karena tarifnya yang murah.

Broadmarsh Bus Station before the Demolition

National Express Jurusan London Nottingham via Leicester
Megabus (by Green Traveller)
Alternatif ketiga adalah kereta api. Jalur kereta api di UK sudah terkoneksi ke segala penjuru pulau. Jadwal keberangkatannya pun cukup banyak dan jarak waktunya tidak terlalu lama. Penyedia jasa kereta api di wilayah Nottingham diantaranya East Midlands Train dan Virgins Transportation. Kereta East Midlands terlihat dari bentuk dan corak warna gerbong keretanya yang ramai. Sedangkan gerbong virgins train terlihat lebih elegan dan mewah. Perjalanan dengan menggunakan kereta di wilayah UK menawarkan kenyamanan dan menyajikan pemandangan yang indah. Hamparan padang rumput dan pegunungan mengiringi setiap perjalanan dari Nottingham kemanapun arah tujuan. Namun demikian, tiket kereta api di UK terkenal sangat mahal. Calon penumpang harus membeli tiket jauh-jauh hari untuk mendapatkan tiket promo atau yang lebih murah. Jika melakukan pembelian tiket mendekati hari keberangkatan, dipastikan akan menemui harga tiket yang sangat mahal.
Corak Khas East Midlands Train
Alternatif terakhir adalah menggunakan pesawat terbang. Tidak jauh dari pusat kota Nottingham, terdapat sebuah bandara yang melayani penerbangan lokal dan internasional. Beberapa tujuan yang dapat dicapai dari bandara ini diantaranya Glasgow di Skotlandia, Belfast di Irlandia Utara, Amsterdam di Belanda, Krakow di Polandia, Brno di Ceko, Linz di Austria, Venezia di Italia dan Fez di Maroko. Bandara ini dapat ditempuh dengan menggunakan bus kota dan menempuh waktu sekitar 55 menit. Di bandingkan dengan Bandara Stansted London, tarif pesawat dari bandara east midlands memang lebih mahal, namun bandara ini menawarkan efisiensi waktu karena jaraknya yang dekat.
Flybe Air Ready to Fly from East Midlands Airport Nottingham

Sebagai penutup, sarana transportasi masal di UK sudah sangat maju. Semua tujuan sudah terkoneksi dengan berbagai jenis sarana transportasi. Selain itu jalur yang digunakan, baik jalan raya dan rel serta bandara, sudah tersedia dengan kualitas yang prima. Dengan penataan yang baik dan ketepatan jadwal yang terjamin serta keamanan dan kenyamanan yang prima, maka masyarakat akan memilih menggunakan kendaraan umum. Hal inilah yang perlu diperhatikan pemerintah Indonesia untuk mendorong warganya agar nantinya beralih menggunakan sarana transportasi masal dibandingkan dengnan menggunakan sarana transportasi pribadi. Untuk saat ini saya hanya bisa berkontribusi dengan mendoakan agar hal itu dapat segera terwujud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Palembang, Kota Yang Mengesankan

Musim penerimaan CPNS tahun anggaran 2021 membawa banyak berkah bagi saya. Dalam rangka proses rekrutmen tersebut, saya berkesem...