Kamis, 22 Maret 2018

Tujuan Utama yang Tercapai dan Ekspektasi yang Tak (Sepenuhnya) Terwujud


Mendapat kesempatan belajar di luar negeri merupakan anugerah luar biasa buatku. Ekspektasiku sangat tinggi pada saat sebelum berangkat melaksanakan tugas belajar. Pada awalnya aku bertekad bahwa aku tidak boleh menyia-nyiakan setiap kesempatan untuk menuntut ilmu dan mendapatkan sebanyak mungkin pengalaman.  Namun kenyataannya, ada banyak hal atau faktor yang menyebabkan ekspektasi tersebut tidak tercapai.
Self Study
Pada awalnya aku sudah mensetting jadwal harian selama masa kuliah tersebut. Dalam jadwal yang aku susun, setiap hari aku harus baca minimal satu artikel berbahasa Inggris. Selain itu aku harus menulis resume atau artikel singkat tentang apa yang telah aku baca atau pelajari. Selain itu aku juga menjadwalkan diri untuk belajar berbicara dalam bahasa inggris di depan cermin. Semua jadwal itu aku rencanakan sedemikian rupa dengan memperhitungkan alokasi waktu untuk menggunakan media sosial, bersosialisasi, memasak, olah raga, dan nonton youtube. Aku semakin termotivasi untuk melakukan jadwal-jadwal tersebut setelah menonton video tentang tips belajar ala mahasiswa Oxford. Di video itu, si mahasiswa merincikan jadwal hariannya untuk menjadi seorang mahasiswa super.
Jangan Ditiru. Efektif Sih, Cuman Bikin Sakit
Dalam perjalanannya, harapan tinggal harapan. Rasa malas dan godaan internet kenceng justru membuat aku perlahan melupakan semua ekspektasi dan jadwal yang sudah aku buat sendiri. Setiap malam lebih banyak aku habiskan untuk nonton video youtube. Dari pertarungan UFC, video klip, hingga prank menjadi santapan setiap kali menatap laptop. Hal ini diperparah dengan slogan "masih ada hari esok", slogan yang aku terapkan namun untuk menjustifikasi hal yang salah.
Sebagai akibat dari rasa malas, aku terpaksa harus beberapa kali lembur keras untuk menyelesaikan tugas kuliah. Lembur yang beberapa kali membuat badanku meriang, karena deadline yang semakin dekat dan tugas yang belum selesai sehingga badan harus diforsir untuk menyelesaikannya.
Di semester II aku merubah pola belajarku. Karena aku sadar bahwa bekerja mendekati deadline tidak akan efektif, aku mulai mempersiapkan diri jauh-jauh hari dalam mengerjakan tugas kuliah. Aku memenej waktu sesuai dengan kemampuanku dan membuat deadline pribadi. Alhamdulillah semester II dapat aku lalui dengan lebih baik.
Jangan Lupa Peregangan
Semester II merupakan semester yang sangat berat, karena untuk memulai berkonsentrasi lagi setelah adanya liburan panjang butuh tekad yang luar biasa. Mindset liburan yang penuh dengan suka-suka dan jalan-jalan harus segera diganti dengan situasi belajar yang penuh dengan konsentrasi.
Di semester II aku membagi saat-saat untuk belajar dan saat-saat untuk liburan. Pada saat belajar atau mengerjakan tugas, aku berusaha untuk konsentrasi full pada materi yang aku pelajari. Dan sebaliknya, pada saat liburan, aku berusaha untuk menikmati liburanku dengan sepenuhnya. Alhamdulillah, pada akhirnya tugas dapat dikerjakan, kuliah dapat diselesaikan dan liburan dapat dinikmati dengan puas.
Tujuan Utama Tercapai, Ekspektasi Tidak (Sepenuhnya) Terwujud
Sebagai penutup, kita seringkali berangan-angan terlalu tinggi. Akan melakukan ini dan itu namun segera menyerah dikala menemui kendala. Satu hal yang perlu ditegaskan disini, peneguhan diri pada komitmen memerlukan kesungguhan dan keseriusan dalam usaha untuk mewujudkannya. Kendala pasti akan muncul, namun disitulah seharusnya kita berusaha mencari jalan keluarnya, bukan justru menghindarinya dengan cara meninggalkannya sama sekali.

2 komentar:

  1. Your last paragraph is my fav! It hits me deep. It was like a slap in the face telling me.. we could do much more than we thought if only we want to give more effort. Thanks for the reminder.

    BalasHapus
  2. https://hasilbola.vip/prediksi-sepakbola/baca/4784/manchester-city-vs-liverpool-03-juli-2020

    Yang akan diselenggarakan langsung tanpa penonton Etihad Stadium.

    Dalam pertemuan kedua tim di Liga Inggris BIG MATCH malam ini akan sangat segit sekali pertandingan ini.

    Oleh karena itu tim kami dari https://hasilbola.vip

    Akan memberikan bocoran skor pada prediksi liga inggris kali ini.

    Yuk di tunggu kedatangan dari anda..

    BalasHapus

Palembang, Kota Yang Mengesankan

Musim penerimaan CPNS tahun anggaran 2021 membawa banyak berkah bagi saya. Dalam rangka proses rekrutmen tersebut, saya berkesem...