Minggu, 08 Juli 2018

Bath Kota Kuno Yang Menawan


Bath Royal Crescent 

Perjalanan ke Bath merupakan satu rangkaian dengan trip ke Stonehenge. Jarak Stonehenge ke Bath relatif jauh, namun perjalanan ini terasa menyenangkan karena pemandangan di sepanjang jalan menuju bath sangat mengesankan, khas countryside UK. Sejuk dengan hamparan padang rumput luas. 
Rombongan sampai di Bath pukul 14.30. Panitia tidak memberikan agenda khusus kepada peserta tour, kecuali waktu berkumpul kembali di Bus pukul 17.00 waktu setempat. Kota Bath menurutku sangat elegan dan menawan. Paduan gedung-gedung dengan taman-taman indah menjadikan kota ini terlihat sangat cantik. Bath mempunyai sangat banyak lokasi yang bisa dikunjungi. Dari sekian banyak lokasi tersebut, aku penasaran dengan the Circus dan Royal Crescent. Namun sebelum ke dua lokasi tersebut kami menengok sebentar beberapa tempat yang populer, diantaranya: Bath College, kampus dengan arsitektur kontemporer, Bath Abbey, sungai indah berpadu dengan gedung-gedung artistik, pusat perbelanjaan dan jalanan yang dipenuhi dengan wisatawan. Sebagai informasi, Bath terkenal dengan pemandian air panas alaminya yang tersebar di beberapa tempat. Di lokasi-lokasi tersebut terdapat antrian pengunjung yang ingin melihat bagian dalam dari pemandian air panas ini. Karena berbayar dan antriannya panjang, kami putuskan untuk skip tour of the hot spring ini.
Kampus Bath College
Bath Abbey yang Megah
Perpaduan Taman, Avon River dan Seni Arsitektur yang Menawan

Kota Bath saat itu sangat ramai pengunjung. Hal ini dapat dimaklumi karena berbagai sudut kota Bath memunculkan romantisme dan kejayaan masa lalu. Gedung dan bangunan di kota ini seperti di desain dengan seni artistik tingkat tinggi. Bahkan dari paving jalananpun terlihat suasana kota yang unik dan khas. Selain itu ada banyak kereta kuda yang melintas membawa wisatawan menyusuri sudut-sudut kota Bath. Kereta kuda berukuran besar dan ditarik menggunakan dua kuda ini juga didesain dengan sangat menarik dan elegan, menjadikan siapapun yang menaikinya akan merasakan sensasi menjadi bangsawan jaman dulu.
Bath Sore Itu, Ramai Penunjung
Kereta Kuda di Bath
Melanjutkan explore Bath, kami berjalan kaki menuju ke the Circus. Dilokasi ini terdapat konfigurasi gedung yang berbentuk bundar yang menghadap ke sebuah taman dan dikitari oleh jalan raya. Konfigurasi ini mungkin banyak ditemui di beberapa kota lain namun formasi di Bath menjadi istimewa karena gedung yang menghadap ke bundaran ini mempunyai ukuran, warna, dan bentuk yang sama. 
The Circus
Salah Satu Nama Jalan di the Circus

Aku agak menyesal karena datang ke kota ini saat musim dingin baru saja berakhir, dimana pepohonan masih belum berselimutkan dedaunan. Meskipun begitu, hal ini tidak mengurangi kekagumanku pada kota dan orang-orang yang mendesain dan membangun kota ini. Dari the Circus, kami melanjutkan explore ke Royal Crescent, gedung berbentuk setengah lingkaran dengan ukuran yang luar biasa. Gedung megah yang mempunyai banyak fungsi, baik museum, tempat tinggal, maupun lokasi peristirahatan tamu penting.  
Salah Satu Sisi Royal Crescent

Megah dan Mengagumkan

Di depan gedung ini terdapat lapangan rumput yang sangat luas. Pengunjung bebas mau ngapain aja disini, mau loncat, lari, guling-guling atau bikin perusahaan travel juga bisa. Di tempat ini kami menikmati suasana senja yang sangat cerah. Sinar matahari tanpa hadangan awan tersebut menjadikan senja saat itu menjadi salah satu senja terbaek. Kami bercanda ria bersenda gurau dan menghabiskan banyak waktu di lokasi ini. Sebenarnya ada satu taman yang berukuran besar dan cantik di dekat Royal Crescent ini, namun karena sudah mendekati deadline waktu berkumpul, kami putuskan untuk segera kembali ke bus.
Menikmati Senja yang Menenangan di Bath
Menghabiskan Waktu Senja di Sini


Malam Menjelang, Pelancong Berangsur Pulang @BathUK
Menyusuri jalan setapak di tempat ini terasa sungguh mengesankan. Penataan tempat dan jalan yang walker friendly serta suasana kota yang artistik membuatku terpesona dengan kota ini. Benar-benar kota yang cantik sekaligus megah. Vibe yang diberikan kota ini sangat terasa sekali, benar benar terasa bedanya dengan tempat wisata yang lain. Nuansa ningrat, aristokrat, serta kemewahan dalam rupa gedung dan bangunan akan membuatku selalu teringat dengan kota ini dalam waktu yang lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Palembang, Kota Yang Mengesankan

Musim penerimaan CPNS tahun anggaran 2021 membawa banyak berkah bagi saya. Dalam rangka proses rekrutmen tersebut, saya berkesem...