Minggu, 13 Januari 2019

Self Study (Catatan Saat Mengikuti Proses Belajar Mengajar di UoN)


Disamping kegiatan belajar mengajar dengan sistem tatap muka, Sistem pembelajaran di UoN juga menekankan pada ketekunan mahasiswa untuk belajar secara mandiri atau self study. Mahasiswa dituntut untuk mendalami materi yang disampaikan oleh instruktur dengan kegiatan membaca dan mereview jurnal yang telah ditentukan. Hasil review tersebut kemudian dijadikan bahan diskusi pada saat pertemuan kelas.
Di Kamar Yang Sangat Nyaman Dipakai Belajar
Dalam setiap kali pertemuan tatap muka, bagian pertama perkuliahan akan digunakan oleh instruktur untuk menyampaikan materi perkuliahan sesuai dengan topik hari itu. Pada bagian kedua mahasiswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi mengenai topik yang telah disampaikan. Pada bagian akhir perkuliahan, perwakilan dari masing-masing kelompok akan menyampaikan resume dari hasil diskusinya.
Diskusi Bersama Sesama Pelajar Dari Berbagai Negara
Salah satu kekurangan model self study adalah kurangnya kontrol dosen terhadap kerajinan mahasiswanya. Tanpa adanya kontrol ini, mahasiswa yang malas atau tidak fokus terhadap materi kuliahnya akan menjadi semakin tertinggal penguasaannya terhadap materi kuliah. Seperti yang aku rasakan, tanpa adanya tuntutan untuk mereview atau menjawab suatu permasalahan, maka aku lebih cenderung untuk melakukan hal-hal lain yang bersifat rekreatif dan menyenangkan.
Pas Lagi Kumat Jenuh dan Penatnya
Satu hal lagi yang agak aku sayangkan pada saat menjalani masa kuliah adalah sesi tatap muka perkuliahan yang hanya dilakukan sehari dalam satu minggu yakni hari selasa. Tanpa adanya tugas tambahan, maka hari-hari yang lain lebih banyak digunakan untuk keperluan atau agenda diluar kebutuhan akademik. Dibutuhkan niat yang kuat untuk dapat fokus pada materi kuliah dan meningkatkan kemampuan serta pengetahuan diri. Tanpa niat yang kuat, maka tentu hari-hari diluar masa kuliah tersebut akan diisi dengan agenda jalan-jalan keliling negeri yang tentunya lebih menarik dan menantang.
Cari Posisi di Bawah Router Wifi Supaya Kencang Internetnya
Berkebalikan dari sistem kuliah tatap muka seminggu sekali, ada tiga mata kuliahku yang diajarkan dengan sistem block taught. Dalam sistem ini, materi selama satu semester dimampatkan menjadi tiga hari masa kuliah. Selama tiga hari tersebut, aku harus berangkat kuliah mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore setiap hari. Benar-benar masa kuliah yang sangat melelahkan. Selama block taught tersebut, peserta didik dituntut untuk selalu aware dengan materi yang disampaikan oleh pengajar karena nantinya dalam sesi diskusi, peserta didik mempunyai kemungkinan untuk diberi pertanyaan oleh instruktur. Karena waktu kuliah dimampatkan, peserta harus berusaha untuk bisa selalu fokus terhadap materi yang disampaikan. Jujur saja saat mengikuti block taught ini, kuliah di UoN terasa cukup berat. Namun syukurlah aku bisa melaluinya. 
With Merit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Palembang, Kota Yang Mengesankan

Musim penerimaan CPNS tahun anggaran 2021 membawa banyak berkah bagi saya. Dalam rangka proses rekrutmen tersebut, saya berkesem...