Rabu, 20 Mei 2020

Baubau: Kota Favorit di Sulawesi Tenggara

Jika saya ditanya tentang apakah entitas atau daerah favorit untuk penugasan di wilayah Sulawesi Tenggara, maka Kota Baubau adalah jawabannya. Ada banyak alasan yang menjadikannya sebagai tujuan favorit saya. Yang terutama adalah kota ini adalah lokasi terbaik di Sulawesi Tenggara untuk menyaksikan senja (karena selama 5 tahun di Sulawesi Tenggara saya tidak pernah ke Wakatobi).
Wantiro Baubau
Sebagai informasi, Kota Baubau merupakan satu dari dua wilayah yang berstatus kota di wilayah Sulawesi Tenggara. Dengan status ini, Kota Baubau dapat memacu perkembangan dan pertumbuhan ekonomi di wilayahnya lebih maju dari wilayah lainnya sehingga dapat menjadi sebuah pusat perekonomian khususnya di wilayah Pulau Buton dan sekitarnya. 
Suasana Kota Baubau dari Ketinggian Perbukitan
Kota Baubau merupkan kota yang sangat berkesan bagi saya.  Kota ini relatif tertata rapi, ramai dengan mobilitas dan aktifitas ekonomi, menjadi jalur penghubung transportasi laut nusantara, serta menjadi perpaduan antara kekayaan dan kelestarian sejarah dengan perkembangan sosial kemasyarakatan. Dengan alasan-alasan tersebut saya menganggap kota ini pantas jika dijadikan  ibukota sebuah provinsi.
Senja di Lakeba Resort Baubau
Letak kota ini sangat strategis karena berada di tepi laut yang menjadi jalur transportasi utama nusantara. Selain itu wilayah kota ini juga meliputi kawasan perbukitan yang cukup tinggi yang diantaranya dimanfaatkan sebagai area pemukiman. Suhu di kota ini sebagaimana kota-kota diwilayah tropis cukup panas. Namun jika dibandingkan dengan wilayah-wilayah lain di Sulawesi Tenggara, di kota ini banyak tumbuh pohon perindang di sisi jalan. Pepohonan ini lumayan bisa sedikit menjadi pelipur panas atau sekedar menjadi penyejuk pandangan.
Terkait infrastruktur dan fasilitas pendukung kawasan perkotaan, saya menilai bahwa kota ini sudah bagus. Jalan raya dan jalan di kompleks pemukiman membentang mulus dengan kualitas yang baik dan dilengkapi dengan rambu-rambu lalu lintas sebagai pedoman berkendara bagi para pengguna jalan. Untuk angkutan transportasi darat, di Kota Baubau selain terdapat angkutan pete-pete juga ada angkutan taksi. Untuk jalur laut, pelabuhan Kota Baubau melayani banyak sekali rute. Baik rute nasional maupun rute antar pulau di sekitar kepulauan Buton. Areal pelabuhan juga ditata dengan semakin baik dengan pemisahan peruntukan antara angkutan penumpang dan angkutan barang. Hal ini berpengaruh pada kelancaran pelayanan pelabuhan. Melengkapi moda transportasi yang ada, di Kota Baubau terdapat sebuah bandara yang melayani perjalanan menggunakan pesawat udara. Bandara ini melayani rute penerbangan ke beberapa kota dengan intensitas jadwal penerbangan yang sedang.
Kesibukan di Pelabuhan Baubau
e sektor ekonomi, di kota ini ada banyak lokasi pusat perbelanjaan atau pasar yang melayani kebutuhan masyarakat Baubau. Ada Pasar Kota Tua yang diantaranya menjual barang-barang elektronik, pasar Wameo yang khas dengan pakaian impor seken-nya, Pasar Buah lapangan Lembah Hijau yang stand dan stok buahnya melimpah, Pasar Tradisional Karya Nugraha di Jalan Haji Agus Salim serta yang paling baru Hypermart Buton.
Fasilitas lain yang juga tersedia di kota ini adalah fasilitas kesehatan berupa rumah sakit yang representatif baik yang dikelola Pemda maupun swasta seperti RS Siloam. Selain itu banyak pula terlihat papan reklame praktek dokter privat dan apotik tersebar di beberapa lokasi di kota Baubau. Untuk fasilitas pendidikan, ada banyak kampus yang dapat menampung mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Namun yang menjadi perhatian saya adalah banyak sekali akademi perawat di kota ini. Banyaknya akper-akper ini mungkin dikarenakan animo masyarakat yang tinggi serta motif praktis agar cepat kerja selepas lulus pendidikan.
Kota Baubau juga sangat rekomended untuk para pecinta wisata kuliner. Ada banyak lokasi dan jenis makanan yang bisa dinikmati saat berkunjung ke kota ini, baik jenis makanan seafood sampai makanan khas Jepang. Salah satu lokasi tujuan utama wisata kuliner yang harus dikunjungi saat berada di kota ini adalah Pujasera Betoambari. Lokasi ini menjadi salah satu favorit saya untuk berwisata kuliner karena di tempat ini saya bisa menyantap makan malam sekaligus menikmati suasana pantai Baubau pada malam hari.
Menikmati Sajian Suki di Metro Suki & Resto Baubau
Untuk akomodasi, kota Baubau ini patut diacungi Jempol. Ada banyak hotel atau penginapan yang bisa digunakan baik untuk acara kedinasan, pelesir maupun bisnis. Dari beberapa hotel yang ada di Baubau, Hotel Adios merupakan hotel yang paling rekomended. Hotel ini terletak di kawasan perbukitan dengan view luas menghadap ke arah pusat kota dan pelabuhan serta Selat Buton. Selain letaknya yang strategis, hotel ini  mempunyai kamar yang berukuran lega, kamar mandi dilengkapi bath tub, gratis air mineral, plus gratis laundry. Sarapan di hotel ini juga memberikan memori luar biasa karena kita bisa menikmati makan pagi sambil menyaksikan pemandangan kesibukan pelabuhan Baubau dan lansekap laut selat Buton. Hotel Adios juga menawarkan pemandangan senja yang menakjubkan, setiap hari, kecuali saat mendung gelap. Di sini saya seringkali terkesima dengan pemandangan senja yang selalu spektakuler setiap harinya.
View Dari Hotel Villa Adios Baubau


Kota Baubau dan sekitarnya mempunyai beberapa obyek wisata baik wisata sejarah maupun wisata alam. Berikut ini beberapa obyek wisata yang pernah saya kunjungi saat berada di Baubau
Benteng Keraton Buton
Kota Baubau mempunyai peninggalan sejarah yang patut dibanggakan. Peninggalan sejarah ini berupa benteng yang berukuran luar biasa besar. Saking besarnya, di dalam komplek benteng ini terdapat pemukiman penduduk yang lumayan padat. Benteng ini sangat megah dan kokoh. Pada beberapa bagian, tembok benteng dibangun menjulang tinggi dengan dilengkapi meriam untuk membuat gentar musuh yang akan menyerang.
Benteng Keraton Buton


Meriam dan View Kota Baubau


Di dalam komplek benteng ini juga terdapat istana atau Keraton Buton. Bangunan keraton ini sangat khas dan menampilkan kekayaan budaya Buton. Selain itu di komplek benteng ini juga terdapat sebuah masjid yang sangat bersejarah. Tampilan masjid ini mungkin sederhana jika dilihat dari perspektif masa kini, namun pada masanya, bahkan hingga saat ini,masjid ini masih terlihat anggun, kokoh dan megah. Tak salah jika tempat ibadah ini menjadi kebanggaan masyarakat Baubau.

Masjid Kesultanan Buton
Pantai Nirwana
Kota Baubau mempunyai sebuah pantai yang sangat cantik yakni pantai Nirwana. Lokasinya dapat ditempuh sekitar 30 menit dari pusat kota Baubau. Daya tarik utama dari pantai ini adalah pasirnya yang putih dan lembut. Selain itu gelombang air laut di pantai ini sangat tenang dan pantainya tidak terlalu dalam sehingga aman untuk digunakan berenang. Menghabiskan senja di tempat ini juga patut dicoba karena pemandangan matahari terbenam di tempat ini sangat indah.
Pasir Putih dan Laut Tenang di Pantai Nirwana


Senja di Pantai Nirwana


Bukit Wantiro.
Lansekap di bukit ini ditandai dengan tulisan Baubau berukuran besar yang dapat terlihat dari jarak yang sangat jauh. Di bukit ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan senja yang spektakuler hasil perpaduan gugusan pulau, laut yang tenang dan suasana sore yang menyenangkan. Di bukti ini pengunjung dapat juga menikmati pisang goreng hangat dan minuman sarabba di bukit yang indah ini. Selalu mengesankan menghabiskan waktu senja di Wantiro Baubau.
Little Wantiro


Pesona Senja Dari Bukit Wantiro


Ngkari-Ngkari atau kampung Bali.
Ngkari-Ngkari adalah wilayah transmigrasi yang dihuni oleh pendatang yang berasal dari Bali. Warga transmigran ini masih kental memegang adat dan budaya Bali yang terlihat dari banyaknya bangunan dan tempat ibadahnya yang khas. Di tempat ini juga terdapat areal persawahan luas yang subur dan ditata dengan rapi serta instagrammable.
Kampung Bali di Ngkari-Ngkari Baubau
Selain obyek-obyek wisata di atas, masih banyak lokasi yang bisa dikunjungi pada saat berada di Baubau antara lain: Pantai Kamali, lokasi pusat keramain kota Baubau dengan patung naganya yang ikonik; Air terjun tirta Rimba, air terjun yang tidak terlalu tinggi namun lokasinya menenangkan karena berada di tengah hutan yang sunyi; Pantai Jodoh; Pantai yang kini masuk wilayah kabupaten Buton Selatan.
Ikon Kota Baubau di Pantai Kamali


Pantai Jodoh


Air Terjun Tirta Rimba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Palembang, Kota Yang Mengesankan

Musim penerimaan CPNS tahun anggaran 2021 membawa banyak berkah bagi saya. Dalam rangka proses rekrutmen tersebut, saya berkesem...