Rabu, 27 Juni 2018

Fasilitas Khusus untuk Penyandang Disabilitas

Untuk alasan kemanusiaan dan kesetaraan, fasilitas umum di UK dibangun atau dibuat untuk mengakomodasi kebutuhan para penyandang disabilitas. Fasilitas umum yang menyediakan layanan khusus ini antara lain kendaraan umum seperti bus kota. Bus ini dapat menyesuaikan ketinggian lantainya sehingga disabled people dapat masuk kendaraan dengan mudah. Disamping itu, bus-bus ini mempunyai space khusus untuk mengangkut penumpang yang menggunakan kursi roda. Letak tempat khusus ini berada di bagian depan kendaraan sehingga memudahkan penumpang tersebut saat naik atau turun kendaraan.
Fasilitas lain adalah lift di beberapa gedung dan pusat perbelanjaan. Lift ini utamanya diperuntukkan bagi pengunjung yang kesulitan menggunakan tangga atau escalator. Dengan adanya prioritas penggunaan ini energi yang dikeluarkan dapat diminimalisir untuk mengangkat beban pengunjung yang menggunakan lift. Kebanyakan gedung dan pusat perbelanjaan ini juga mempunyai jalur khusus sehingga pegguna kursi roda atau alat bantu mobilitas dapat mengakses seluruh gedung dengan mudah tanpa terkendala tangga berundak. 
Untuk urusan “belakang” di UK banyak dijumpai toilet yang berlabel disabled. Penggunaan toilet ini diprioritaskan  untuk para penyandang disabilitas. Toilet ini umumnya berukuran lebar dan dilengkapi fasilitas tombol darurat apabila penggunanya membutuhkan bantuan atau pertolongan mendadak.
Di Nottingham banyak sekali dijumpai kendaraan kecil yang serupa mobil-mobilan yang berfungsi membantu mobilitas penyandang disabilitas, manula ataupun person yang memiliki kesulitan mobilitas. Fasilitas umum seperti jalur pejalan kaki dan pusat perbelanjaan juga mempunyai jalur yang memudahkan pengguna kendaraan ini untuk beraktifitas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Palembang, Kota Yang Mengesankan

Musim penerimaan CPNS tahun anggaran 2021 membawa banyak berkah bagi saya. Dalam rangka proses rekrutmen tersebut, saya berkesem...