Rabu, 27 Juni 2018

Seasons in Nottingham

Inggris merupakan satu negara di kawasan Eropa yang mengalami empat musim yakni panas (summer), gugur (autumn), dingin (winter) dan semi (spring). Keempat musim tersebut masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. 
Mengalami Empat Musim yang Mengesankan

Musim yang pertama adalah musim panas. Pada puncak musim panas, suhu ruangan terasa panas dan kering. Saat-saat puncak musim panas merupakan saat yang tidak nyaman di UK. Tinggal di kamar terasa panas, jalan keluar akan lebih terasa panas lagi. Namun untungnya cuaca yang super panas ini hanya berlangsung tidak lebih dari seminggu. Setelah itu, suhu akan kembali menjadi lebih dingin dan lebih dingin lagi. Pada musim panas, dedaunan sudah tumbuh dengan sempurna dengan warna hijau mendominasi. Pemandangan dedaunan hijau seperti ini sudah biasa di Indonesia.
Musim Panas yang Terasa Dingin
Akhir Musim Panas dan Awal Musim Gugur

Musim berikutnya adalah autumn atau musim gugur. Ini adalah musim terbaik dalam arti kita akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah karena dedaunan menguning dan memerah sampai akhirnya rontok di musim dingiin nantinya. Segala penjuru wilayah dipenuhi oleh nuansa kuning dedaunan yang tidak kuat menahan dinginnya suhu. Pada saat musim ini, taman dan danau biasanya menjadi semakin indah. Tambahan keindahan itu berasal dari dedaunan yang menguning serta daun-daun yang gugur jatuh ketanah dan memberikan warna yang berbeda dibandingan dengan musim-musim yang lain. Nuansa yang membuat setiap orang merindukan datangnya musim gugur. Suhu pada musim ini berkisar antara 10 hingga 20 derajat celcius. Suhu yang cukup dingin untukku yang berasal dari daerah tropis.
Musim Gugur yang Indah di Nottingham

Di Akhir Musim Gugur, Daun-Daun Rontok Memunculkan Pemandangan yang Dramatis

Setelah musim gugur, datanglah musim dingin. Pada saat aku menempuh Pendidikan di UK, titik terendah yang pernah aku rasakan adalah minus 5 derajat celcius. Walaupun sudah melewati titik beku, namun saat itu salju yang turun tidak terlalu lebat. Hanya buliran kecil salju dan dengan durasi yang singkat. Pemandangan dan suasana musim dingin di Nottingham menurutku memberikan nuansa dark, mellow dan gloomy. Pepohonan tanpa daun, kabut tebal menyelimuti dan dingin yang menusuk menjadi sahabat selama berhari-hari di dalam musim dingin ini. Namun demikian, aku merasakan keseruan karena inilah saat pertama aku tinggal di daerah yang sangat dingin dan harus membiasakan untuk bisa survive disini.
Pemandangan Jamak di Musim Dingin

Frozen Car in Winter

Musim berikutnya adalah musim semi atau spring. Musim ini adalah musim dimana terjadi peralihan dari musim panas ke musim dingin. Pada musim ini, suhu secara perlahan mulai menghangat. Musim ini juga ditandai dengan dedaunan dan bunga yang mulai tumbuh berwarna-warni dan cantik. Salah dua dari tumbuhan yang muncul pada musim ini adalah daffodil dan cherry blossom. Bunga-bunga ini tumbuh bebas dan menghiasi musim semi dengan semarak. Disamping itu ada juga bunga tulip yang tumbuh dengan indah pada beberapa sudut kota. Di kampusku, UoN, salah satu lokasi yang menampilkan bunga tulip adalah di Millennium Garden yang berada di belakang kampus LASS building. Kecuali musim dingin, kita dapat melakukan perjalanan keliling UK pada semua musim. Karena pada musim-musim ini masing-masing lokasi dapat dinikmati dengan maksimal. Pada musim dingin, bisa jadi perjalanan yang kita lakukan akan terasa menyiksa karena kita harus berjuang melawan dinginnya suhu serta waktu yang relatif lebih pendek. Namun demikian, musim dingin akan menjadi seru jika turun hujan salju, karena melihat lokasi sekitar dipenuhi salju akan menimbulkan sensasi tersendiri yang tidak bisa dinikmati di negara tropis seperti Indonesia.
Musim Semi yang Indah di Mapperley Nottingham

Cherry Blossom in Nottingham

Berbeda dengan musim-musim yang bisa diprediksi, cuaca di Inggris seringkali berubah-ubah dengan drastic. Cuaca cerah tanpa awan di pagi hari bukan jaminan bahwa hari itu cuaca akan terus cerah. Aku berkali-kali terheran-heran dengan perubahan yang sangat drastis ini. Dalam waktu yang sangat singkat tiba-tiba hujan turun padahal sebelumnya matahari bersinar dengan sangat terang.

Nottingham merupakan salah satu daerah yang hilly dan windy. Kontur permukaan di Nottingham berbukit. Kontur ini agak memberatkan bagi pelajar yang suka bersepeda, karena akan menyebabkan kayuhan sepeda menjadi terasa lebih berat. Selain itu Nottingham merupakan kota yang sering menerima terpaan angin kuat. Dibanding suhu dingin bawaan, terpaan angin ini seringkali terasa lebih kejam menyiksa kondisi badan karena membuat dingin yang ada terasa semakin dingin. Dalam kondisi seperti ini, maka jaket tebal winter plus windbreaker akan lumayan membantu menghangatkan kondisi badan. Dalam kata lain, dengan penggunaan pakaian yang proper dan cerdas, maka kita dapat menjaga agar badan kita tetap sehat.
Bonus: Gorgeous Autumn in Wollaton Park

Daun Menguning Sepanjang Jalan Notts-Liverpool



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Palembang, Kota Yang Mengesankan

Musim penerimaan CPNS tahun anggaran 2021 membawa banyak berkah bagi saya. Dalam rangka proses rekrutmen tersebut, saya berkesem...