Rabu, 27 Juni 2018

Siaran TV di Nottingham

Untuk mendapatkan layanan siaran TV lokal, pelanggan layanan TV di UK diharuskan membayar kepada provider dengan jumlah tertentu. Layanan yang diperoleh oleh pelanggan TV ini antara lain siaran berita  Internasional seperti BBC, BBC one, dan Aljazeera, serta siaran berita lokal seperti Nottingham TV. Ada juga siaran untuk anak-anak seperti Cebebies dan cartoon kids. Untuk penyuka film-film box offices, pelanggan bisa memilih siaran HBO atau fox movies. Untuk penyuka opera sabun, layanan TV di UK banyak sekali menyediakan siaran jenis ini. 
Dianatar banyak siaran TV yang disediakan, siaran favoritku selama di UK adalah channel History. Channel ini menyajikan film dokumenter tentang sejarah-sejarah khusunya di kawasan eropa. Yang paling sering diputar oleh channel ini adalah kisah sejarah seputar perang dunia kedua. Ada pendaratan Normandia, penyerangan Rusia, Blitzkrieg hingga sejarah kekejaman tentara Jepang dan unit 731.
Jika di Indonesia penikmat sepak bola dapat menyaksikan pertandingan sepak bola liga Eropa dengan gratis melalui layar kaca, maka penonton di UK harus membayar untuk menyaksikan siaran tersebut. Karena harga siarannya lumayan mahal, banyak penikmat sepakbola yang akhirnya pergi ke bar atau café yang memfasilitasi nonton bareng. Siaran berbayar ini juga berimbas pada tingginya animo masyarakat dan pendukung klub kesayangannya untuk pergi ke stadion guna menyaksikan pertandingan sepak bola secara langsung.
Tidak seperti di Indonesia yang mempunyai sensor ketat terhadap siaran yang diberikan kepada publik, menurutku otoritas di Inggris lebih longgar dalam menerapkan aturan mengenai siaran tersebut. Aku pernah mendapati adanya siaran khusus dewasa yang bisa diakses dengan bebas oleh penonton siaran TV. Tanggung jawab atas ekses atau akibat negatif siaran TV dibebankan kepada pemirsanya. Dengan demikian pemirsa dituntut untuk dapat memilih dan memilah siaran yang berguna dan baik untuknya. Mungkin otoritas di Inggris menganggap bahwa siaran dewasa semacam ini merupakan hiburan semata sehingga tidak terlalu risau dengan ekses negatifnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Palembang, Kota Yang Mengesankan

Musim penerimaan CPNS tahun anggaran 2021 membawa banyak berkah bagi saya. Dalam rangka proses rekrutmen tersebut, saya berkesem...